AsianBrain

FHOTO GURU SMK MJPS 1 Tasikmalaya

FHOTO GURU SMK MJPS 1 Tasikmalaya
H.Enang Ruchiyat,PhD (klik disini)

Minggu, 21 Desember 2008

PRESENTASI SISWA MENUJU PENDIDIKAN BERKUALITAS

A. Pendahuluan :
Menurut : Radno Harsanto, MSi
Suatu system pendidikan dikatakan berkualitas apabila : a. Proses pembelajarannya menarik b. Prosesnya Menantang c. Hasilnya menunjukkan perubahan kea rah kemajuan.
Metode Presentasi merupakan proses yang menarik dan menyenangkan (tidak ngantuk) juga menantang, Insya Allah akan menuju kea rah perubahan positif.

Segala sesuatu akan cepat diterima, meresap dan dihayati apabila peserta didik merasa dihargai .
Dengan cara berperan aktif sebagai presentator siswa akan sangat merasa dihargai

UNESCO mencanangkan :
Empat Pilar Pendidikan : Learning to know ( ), to do ( ), to be ( ), to live together ( ).
Jadi Bukan jamannya lagi system satu arah dalam pembelajaran, justru siswa harus menjadi pusat pembelajaran .
System presentasi menuju kearah siswa sebagai pusat pembelajaran, dan guru sebagai pewarna atau sebagai rujukan saja.

Teknik menghapal yang mudah masuk dan dapat dicerna secara cepat adalah apabila kita belajar (membaca) untuk disampaikan lagi kepada orang lain.
Dan penugasan membaca untuk dipresentasikan merupakan hal yang cocok dengan metode tersebut.

B. Arti Presentasi siswa : Siswa mempresentasikan hasil pemikirannya di hadapan siswa yang lain.
C. Mengapa harus presentasi siswa : Keunggulan : 1. Ilmu 2. Mental 3. Pengalaman 4. dll
D. Persiapan Pengetahuan Siswa : Sebelum presentasi di tugaskan untuk membaca buku, sebagai bahan presentasi ( ilmunya akan lebih banyak )
E. Teknis Presentasi siswa
a. - Tugas membaca ( bisa dirangsang dengan memberikan tugas pertanyaan kepada siswa agar dicari dari buku ).
- Guru menjelaskan dalam waktu tertentu (jika tidak ada tugas membaca)
b. Tugas membuat skema presentasi di kertas selembar (Tema dari pertanyaan-pertanyaan yang telah diberikan)
c. Mempresentasikan di depan kelas (sebelum ada alat modern (laptop dan in focus) maka presentasi di lakukan dengan media kertas yang dipasang di depan kelas.
d. Tanya Jawab, dibatasi berapa pertanyaan ( Guru terlibat untuk ikut menjawab)
e. Membuat laporan hasil presentasi ( Pengembangan dari skema yang dibuat )
F. Penilaian.
a. Nilai yang hadir saja.
b. Nilai yang aktif memberi pertanyaan.
c. Nilai presentator.